15 Desember 2008

Jujur


Jujur adalah kata-kata yang mudah diucapkan namun sulit untuk diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Diakui atau tidak, disadari atau tidak kadang-kadang kita sering berkata tidak jujur. Saya sadari hal tersebut akan mendarah daging seiring dengan lingkungan dimana kita berada. Menjadi orang yang jujur ada yang mengatakan tidak terlalu baik, wah itu pembenaran saja bagi orang yang hidupnya sering tidak jujur. Sesungguhnya jujur itu adalah kodrati jiwa manusia, kejujuran adalah hati manusia apabila kita jauh dari jujur itu patut dipertanyakan isi hatinya.

Mari kita mulai dari hal yang kecil untuk jujur yaitu berkata jujur. Suatu saat saya berada dilingkungan yang memang mengharuskan saya berada di dalamnya. Saya tahu ada sesuatu yang mengganjal di hati, ini karena sesuatu tersebut tidak sesuai dengan hati saya. Tinggal memilih antara saya masuk ke dalamnya atau saya hanya diluarnya, karena ini berhubungan dengan antar sesama. Apabila saya berada diluar hubungan saya dengan sesama bisa dikatakan kurang sejalan atau hobby-nya tidak sama, terus apabila saya ikut masuk ke dalam bisa dikatakan sama dengan mereka.

Saya katakan tidak...memang harus bisa katakan TIDAK. Apabila saya masuk kedalamnya pasti saya akan menutupi dengan berkata bohong, berarti tidak jujur dong..sehingga mulai dari situ saya merenung bahwa niat akan selalu berkata jujur akan berdampak kepada perbuatan yang positif alias tidak negatif. Kalau kita berbuat negatif cenderung kita akan menutupinya dengan kata-kata yang tidak jujur tetapi apabila kita selalu berbuat yang positif insya Allah kita akan selalu berkata jujur..Amiin..

1 komentar:

  1. Saya pernah baca bahwa:

    "Sifat seseorang terlihat dari apa yang dilakukannya apabila ia tahu bahwa ia tidak akan pernah ketahuan".

    Yang menghalangi seseorang untuk berbuat negatif adalah rasa malu atau rasa takut apabila ketahuan. Tapi kalau ia yakin ia tidak akan ketahuan maka....hanya iman yang menjadi pagar terakhirnya.

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar anda..terimakasih